Sunday, November 30, 2008

Kenapa saya ga mendekati dia ??

Dapat imel dari wiku, dibuka, ternyata wiku ngesend postingan terbaru multiplynya.
Lumayan panjang, isinya tentang "secuil" kisah dari penelusurannya menikmati konser Melbi. Sebelum acara konser berlangsung wiku melihat seorang gadis berbaju biru yang sedang asyik mengamati beberapa pameran foto di basement menuju ruangan pagelaran konser.

Wiku merasa ada sesuatu yang lain, tapi dia tidak berani menyapa sang gadis, walaupun hanya sekedar untuk mengobrol hal-hal yang ga penting. Terasa keronkongannya tecekik, dan kedua bibirnya sulit untuk dipisahkan satu sama lain menuju kutub yang berbeda. Hingga akhirnya, si penyeselan itu datang menghampiri.

Kapan kita bisa ketemu lagi "gadis berbajubiru" ? wiku bertanya

Pertanyaan seperti itu kayaknya pernah juga saya alami.

Entah kenapa selalu ada rasa "enggan" untuk menyapa seseorang yang kehadirannya selalu kita nanti. ujungnya nyesel.

Sama, saya pernah ngalamin, sudah lama sekali saya tidak bertemu dengan sI SPGR, lama bgttt,,sampai sampai rimbanya saya tidak tahu.

Di siang yang terik dia nongol, dengan tawa khasnya.

Panik, bingung, menghampirinya atau pura-pura tidak tahu kehadirannya.

Ahh, tawa itu yang selalu saya rindukan
Tawa itu yang selalu bikin kangen, bikin semangat untuk melakukan aktifitas

Aduh gimana neh, aku pengen ketemu dia,
Aku pengen dia tahu, aku dah bermetamorfosa sekarang.
Aku pengen dia tahu kalo dia rugi ga nyari keberadaan saya sekarang.
Aku,,,aku,,,kepengen tunjukin kalo aku layak dapatin kamu

Malu, ngumpet.

Sampai akhirnya tawa itu berangsur-angsur menghilang

Dia sudah tidak di tempat itu, dia sudah pergi.

Dan seorang teman memberikan padaku satu buah undangan yang bertuliskan nama dia dan sang mempelai wanita (tapi bukan namaku yang tertera disana,,hughhhh,,,)

Kenapa saya tidak berubah dari dulu, dari sejak dia selalu bisa melihat saya?
Kenapa saya tidak mendekati dia dengan trik dan jurus jitu dari buku "jurus jitu menggaet cowok",,,,?

Yahhh kenapa dan kenapa dan dulu dan dulu,,,

Dan terjawab sudah dia mendahului saya untuk mengarungi NEW LIFE

Congratulation!!!



Mulai kali ini, lakukanlah seperti yang suara hatimu teriakan
Kalo kita tidak mencoba kita bakal terus bertanya-tanya tanpa tahu siapa yang harus menjawab.

Hai SPGR,,,someday we'll find and u'll see the NEW ME
see ,,NEW ME :-p

Wednesday, November 26, 2008

indah sekali tergambar samudra itu

gambar dipinjam dari sini

Wiku,koordinator club menulis di tobucil, tiba-tiba kirim e-mail, yang bunyinya dia mengajak semua anggota club menulis untuk mengirimkan hasil karya tulis dalam bentuk apapun, cerpen, puisi atau jenis lainnya. E-mail saya baca hari Kamis, wiku kasih deadline, sabtu, semua hasil karya sudah harus diterima.
Wahh...senengnya bisa ada project ini, jadinya komnunitas menulis ga stop setelah kelas selesai. serasa ikan berenang di lautan..huehehehe.
Tapi deadlinenya kok cepet banget. Wikkuuuu kok mendadak sih...:))

Semangat!!! itu yang saya katakan.

Saya harus mengirim salah satu karya yang saya punya. Stock ga banyak, hanya ada satu wakakak jadilah itu yang saya kirim by e-mail ke wiku. Keterima ga emailnya wiku?

Ketertarikan saya di dunia menulis ini sangat besar. Sejak lama keinginan untuk menulis itu ada, tapi selalu kalah dengan rasa malas. Jadinya, baru buka kompi hendak mengetikan huruf huruf dan berharap menjadi rangkaian banyak paragraf dan jadi satu cerpen itu hanya angan-angan (malu jadinya..)

Niat untuk membuat satu karya sangatlah besar, tapi sering sekali bertemu dengan writer's block..(hehehhe istilah ini saya dapat dari balasan imel Jennyjusuf, dia pengarang kumpulan cerpen, Vajra, Diamond in every heart)

Memang ga mudah untuk melawan rasa malas itu. Sampai saya pikir sepertinya saya sendiri yang harus memacu diri saya mau menjadi seperti apa. Keinginan semata tanpa perbuatan tidak akan menghasilkan apa-apa.

Wuihhhh kalo saya pergi ke toko buku, banyak sekali novel- novel atau cerpen cerpen dengan cover-cover yang eyecatching, menarik bola mata dan mengajak kaki melangkah mendekati si eyecatching itu. Ambil, balik ke sampul belakang, baca testi-testi yang tertuang diatasnya, dan menarik tangan ini untuk mengecek isi dompet, dannn,,wah ada nih duit buat bawa pulang si eyecatching.

Mereka penulis penulis muda, telah menghasilkan satu buku. Andai itu saya,,(gubrakk,,khayalan tingkat tinggi ..)
Tapi ada orang bijak berkata segala sesuatu bermula dari khayalan, dan saya akan mengangguk mengatakan bener banget bro...

Dan seperti kata, si kamarpink, ada saatnya dia hobi beli buku dan ada saatnya hobi baca buku. hmmm kamu bener kamarpink, sepertinya saya sedang di masa hobi beli buku, baru sadar ada beberapa novel-novel dan teenlit yang masih tergeletak manis berbalut plastik banded di atas rak buku saya, dan sekarang saya sudah membawa pulang buku baru lagi.
Hihihihi...saya seperti orang yang kehausan, yang minta bergalon-galon air. Saya sangat interest dengan ini semua.

Buku investasi buat saya, walaupun kebanyakan novel atau kumpulan cerpen. Saya merasa ingin Jump ke dunia penulisan, yang saya sendiri tidak tau jelasnya bagaimana, masih remang-remang.

Tetap menulis!
Tetap menulis!!
Tetap menulis!!!

Sehari selembar tak mengapa
Seminggu setengah bab bukan ide muluk
Sebulan jadi satu bab rasanya kok kelamaan
Jadi maunya gimana...
Maunya, kamu harus tetap jaga semangat kamu dalam menulis, itu yang membawa kamu menyusuri aliran anak sungai dan merasakan berbenturan dengan batu-batu kali untuk akhirnya bermuara ke samudra yang penuh dengan kelapangan.

Rasanya di pelupuk ini, indah sekali tergambar samudra tersebut.

gambar dipinjam dari sini

Tuesday, November 25, 2008

teruntuk 9hans

Pemaksa yang sabar...itulah dirimu
Pemarah yang tenang...cermin dirimu
Kamu inteligen handal
Maunya semua serba terjawab

Misterius ga boleh
Kalo ada pertanyaan ga boleh diputar-putar harus dijawab
""""pengen nimbuk,,bukkkkkkkggg...""""
entahlah, semua kamu tanyain

Musim ujian sudah lama ga saya hadapi
bangku sekolah dan kuliah sudah lama sekali saya tinggalkan

Menjawab pertanyaan "beranak" dari A sampai Z rasanya bikin tangan ini kepayahan untuk menggoreskan baris baris huruf supaya terjalin menjadi sebuah kata lalu kalimat seperti yang kamu inginkan

Rasanya kok saya tidak punya ruang "privacy"

Giliran saya jawab, "kenapa mau tau?"

Dan pastinya kamu akan jawab, kamu orangnya tidak mau open, dan itu bikin saya sulit untuk mengenali kamu. apalagi ditambah trik-trik jayusmu,,,(hahahahha ternyata dia bilang gue jayus..ugghhhhh...)

Lalu kamu akan bilang, kalo kamu tidak mau kasih tahu,ya sudah, lain kali kita sambung lagi pembicaraan kita. Gbu.

Fuihhhh,,,pemaksa yang sabar kan? sekaligus pemarah yang tenang,,

Saturday, November 22, 2008

www.pedulitetangga.com

Kemarin malam sekitar jam 21.00, sepulang saya dari opname ke depo karawang, saya pengen sekali segera menemui istana kapukku, rasanya punggung ini sudah merindukan si kapuk.

Bahkan, sampai sempat terjadi pertimbangan yang alot di pikiran saya, mandi atau gak ya malam ini, dingiiiinnnn brrrrrrrrr....tapi kalo ga mandi, dijamin, musuh bebuyutan saya, yang selalu beterbangan di radius 1 cm dari lubang telinga saya, dan bunyi knalpotnya sangat mengganggu ngengggggg,,ngengggg,,,(kurang lebih gitu bunyinya,,,) bakal menyerang saya habis-habisan karena aroma badan saya yang dia sukai.

Ihhh, maap sekali, kalo dia harus mencumbui tangan, kaki saya, sekaligus mengambil beberapa cc darah segar saya, ohhh tidakkkk. Lebih baik saya kasih beberapa cc darah segar saya itu untuk "orang-orang yang membutuhkan" bukan nyamuk-nyamuk keparat itu.

Mandi dahhhhh..(biar bisa mimpi indah wkwkwkkwkwk,,,)

"Tau tidak kalo tabung gas yang di warung hilang", mamaku masuk kamarku dan ngomong itu
"kok bisa ma?"
"tadi ada orang mau beli kopi susu tapi minta diseduh, jadi tadi mama kebelakang untuk ambil air panas, eh nyampe depan, orangnya baru aja masuk ke mobil yang dia bawa, padahal kopinya belum sempet di kasihin, mama sadar tabung gas yang ada di depan 2 biji raib"
wahhh pengen sekali rasanya nonjok tuh orang yang dengan seenaknya ambil barang orang. Krisis keuangan boleh saja, tapi ga perlu krisis moral dong. gue sumpahin, pas elu pake tuh tabung gas, tabung gasnya gue suruh meledak, biar lu tau gimana rasanya pakai barang haram

emosi saya mendengarnya

Saya tahu, bahwa didepan warung saya itu ada warung kecil juga dan biasanya disitu banyak orang yang sedang duduk2 bermalas-malasan, masa sih ga lihat kalo tadi ada yang ambil tabung gas jualan mama saya?
Heiii kalian, ayo mengaku, memang kalian tidak lihat atraksi si pencuri itu atau memang kalian bahagia melihat kami kehilangan tabung gas tersebut?

Dan ketika mama saya berteriak, maling,,,malinggg sedikitpun kalian tidak bergeming untuk membantu, seorang wanita tua yang berteriak dan meminta bantuan kalian.

Hidup sebagai minoritas dan pendatang di lingkungan yang saya tempati, memang tidak selamanya diterima orang. Kaum marjinal dengan tingkat pendidikan dan kualitas kehidupan yang minim, membuat mereka juga memiliki tingkat kepedulian terhadap sesama yang minim.

Bahkan, mereka nampaknya tertawa berderai derai diatas bergalon-galon airmata yang kami tetes kan (halahh,,, hiperbola kembali menerpa postingan kali ini)

Tipe manusia seperti itu banyak berserakan di muka bumi ini.

Kalo sekarang lagi in nya www, ada www.stopmerokok.com, trus ada www.pedulikolesterol, kenapa ga ada yang nyiptain www.pedulitetangga.com...

Hahahahha,,ide ini muncul, ketika saya gerah melihat tetangga yang sangat cuek melihat "kejahatan" itu didepan mata malah diem sok bisu.

but life is a gift, setiap kejadian yang datang adalah pelajaran yang senantiasa bisa buat kita lebih baik, lebih berhati-hati, lebih waspada. dan setelah kejadian itu bapakku, akhirnya beli rantai untuk mengikat tabung-tabung gas tsb, tuh kan bapakku beli juga padahal udah lama sekali mamaku nyuruh bapakku beli rantai, tapi dianya ogah2an...

ps, buat sang pencuri :
buat sang pencuri "tabung gas" nyokap gue
doa gue, soal moga-moga tabung gasnya meledak pas elu pake, gue cancel
doanya gue ganti, semoga tabung gas itu berguna buat elu dan keluarga dan moga2 kalo tabung gas itu elu pakai sebagai sarana usaha lu (mungkin elu tukang gorengan atau tukang bakso),moga2 omzet lu meningkat dan lu bisa meningkatkan taraf hidup dan taraf moral elu.
ok. peace man!!!!!

Tuesday, November 18, 2008

Way to be Happy

udah masuk kamar, sedikit melamun sambil menatap langit-langit
mencoba memejamkan mata
niatnya tidur
tidur


ya setelah seharian beraktifitas,sekarang waktunya tidur

pejamkan mata, tarik selimut
buka mata, pejamkan mata lagi
satu,,dua,,tiga,,empat,,limabelas..duasatu,mmm berapa ya dualima atau dua enam
yaahhh lupa deh (mencoba menghitung domba dari satu niatnya ampe seratus, strategi jadul kalo sulit tidur, katanya coba belajar mengitung domba, pasti ntar ketiduran,..hehehehe..)
tapi ga effect tuh, malah bingung tadi sdh hitung sampai berapa ya? (kacian deh..)

buka selimut
turunkan kaki ke lantai
yah,,posting blog aja

lagu ini mengangetkan saya ketika berjalan menuju komputer
ada sms (ringtone sms hp ku..)

081296XXXXX
kenapa ya gue suka iri,kalo ada temen2 cerita soal pacarnya ato suaminya
dalam hati betapa happynya mereka



"betapa happynya mereka"
seharian ini sepertinya, kosakata "bahagia" sering sekali mampir di telinga saya
(padahal saya ga ngundang loh..)
bahagia, jelas itu yang dicari setiap orang
saya juga mencarinya

station radio yang saya dengar siang tadi sembari mengerjakan kerjaan kantor juga mengangkat tema "cara mendapatkan kebahagiaan".

menjadi bahagia itu pilihan, artinya kita yang menciptkan, kita yang memutuskan

"betapa happynya mereka..." inti bunyi sms teman saya itu menunjukkan kalo dia sedang tidak bahagia.
pengen sekali membantu dia, biar bahagia (huaaa,,baik sekali ya gue...)

saya pikir bahagia itu berkaitan dengan cara kita mengelola "emosi" kita ketika mendapatkan sesuatu hal dalam kehidupan ini (ciee berat banget nampaknya bahasa gue di postingan ini, waduh padahal gue pengen banget pake bahasa "nyeleneh +santai" di postingan ini, tapi kok kagak bisa ya,,,huiiiiihh...)



Selama sehari ini aja,tidak semua yang terjadi bikin kita senang. kayak sms temen saya itu, pastinya hari ini dia menerima cerita temennya mengenai pacarnya,diajak dinner di restoran hotel bintang lima kali, jadi temen saya iri dan berpikir waduh coba gue punya pacar dan ngajak dinner di hotel bintang tujuh (hehehhe biar nampak lebih bahagia....but ada ga sih hotel bintang tujuh, puyer bintang tujuh sih banyak di warung gue hehehehe,,)

kadang kala kita terlalu berpikir keras mengenai sesuatu yang tidak kita punya, jadinya otak kita diporsir untuk mencari dimana "something" itu yang nyata-nyata memang tidak ada disekitar kita.

pernah tidak kita berpikir, mungkin saja orang yang memiliki pacar itu juga, ternyata punya beban dalam hubungannya karena diselingkuhin, atau setelah dinner itu ternyata sang pacar bikin "drama satu babak picisan" dengan bilang bahwa dompetnya ketinggalan dan akhirnya sang pacar bilang bayar dulu sama kamu (si ce..) ntar digantiin, padahal setelah keluar dari restoran hotel bintang lima itu si co lupa ingatan, amnesia kalo dia punya utang ,,(hahahahham,,ini fragmen banget, inspirasi gue...:-D)

Yahhh intinya, kadang kita melihat rumput tetangga lebih hijau
kadang kita sering berfokus pada satu hal yang seolah dunia mau kiamat deh
wanita yang sudah berumur kepala 3, kadang otaknya dipenuhi dengan jodoh, jodoh, jodoh,,(siapa sih jodoh???) sehingga fokusnya itu bikin dirinya tidak bahagia

bAhagia, kata yang banyak diminati orang
Bahagia itu diciptakan bukan hadir dengan sendirinya

Belum ketemu jodoh di usia panik, jelas bikin ga bahagia
Karier yang mandeg, jelas bikin ga bergairah
Orang sudah menikah, belum dikarunia anak, jelas bikin senewen

Apakah kehidupan ini hanya sebatas hal-hal itu yang bikin "roda" dunia kok kayak macet ya?
Apakah jika hal-hal itu tidak kita raih, tiba-tiba "nilai" kita sebagai mahluk Tuhan jadi minus?
oo my god, guys,,hidup ini terlalu naif jika hanya dibatasi dengan hal-hal itu saja.
Kehidupan ini indah, jika hal-hal itu belum dapat kita raih, kita masih bisa meraih hal lain yang bikin kita bahagia.

Berlibur (narasumber di radio itu memberi satu alternatif untuk kita bisa menkmati hidup..)
Wah itu mau banget, keluar dari rutinitas, sesaat
Mahal???
Buat apa kita banting tulang plus stress untuk mendapatkan uang?
berlibur ga usah mahal, yang penting kita bisa merelaks kan otot kita dan otak kita, biar dapat pencerahan baru.


ya punya pasangan salahsatu kebutuhan, manusia pny maslhnya masing2.yg punya pacar juga pasti ada ga enaknya, diporotinlah, disrlinhkuhinlah, dipaksa sexpranikahah, blm dikasih2 anaklah, siapa yang tau? rumput tetangga tampak lebih hijau, Fokusnya ganti, jgn mikirin jodoh aja, pny hobibaru kayak nanam pohon buah2an di halman rmh, tungguin smp menghslkan buah, kayaknya bisa bantu kamu ga terlalu bete,&ga nunggu jdh aja tp nunggu pohon b'buah
message sent to 081296XXXXX (3/3)
delivered

geus ayeuna mah jgn ngagugulung soal jodoh, tetap percantik diri, biar orang kagum ama tampang kita yang fresh
message sent to 081296XXXXX
delivered

Mau bahagia?
Itu pilihan,ciptakan dan kau akan temukan, bahwa hidup itu terlalu cemen jika kita hanya berkutat dengan sesuatu yang tidak kita punyai.
Let's try everything yang ada didunia ini, cari kebahagiaan itu
Ga lama kita hidup di dunia ini. Nikmati, Enjoy!!!

Matikan komputer
Masuk kamar
Tarik selimut
Menatap langit-langit
pejamkan mata
have a nice dream
(kagak usah pakai itung-itung domba segala wek,,wek,,)

Monday, November 17, 2008

Siapa sih kamu? So kenal deh



"mlm"

tiba-tiba ada pesan masuk bertuliskan demikian di YMku
bernama ,,,,, ,,,,,,

nama pasaran, memang seringkali membuat oranglain kecele saya pikir dia teman SMA saya
makanya saya add aja si ,,,,, ,,,,,,

tapi kok ya pembicaraannya jadi ga ngerti
saya cerita ttg SMA malah tambah ga nyambung

"Maap ini ,,,,, ,,,,,, temen SMA saya bukan?"
" bukan"
Nah loh, tau YM saya darimana????
"aNDA salah orang kali?" (bingung membelalakkan mata seperti anime diatas)
"tidak", jawab si ,,,,, ,,,,,,
Halah...dunia memang berada di genggaman tangan kita, hanya diujung jari
tapi ya kalo ada yang aneh aneh kayak gini menyapa, ya MaAp kalo saya menghapus nama ANDA tuan ,,,,, ,,,,,, di contact list YMku


Sori bangetvzzz
Saya mau berkomunikasi dengan yang pasti-pasti aja

Tuesday, November 11, 2008

Ga jelas..:-P

Hari ini banyak sekali kabar-kabar yang saya dengar,mulai dari berita sukacta, setengah sukacita, bikin gemes, bikin geram, sentimentil, romantis, sampai berita-berita yang bikin bulu kuduk merinding saking sadisnya.

Pagi di infotainment (ini ritual pagi saya, nonton infotainment, biar pas masuk kantor bisa nyambung dengan temen2 yang emang doyan bahas gosip2 artis,,,hehehe) ada tayangan perkawinan BCL ama Ashraff, weihhh meriah banget, BCL nya cantik, mungkin karena kebaya anna avantie nan seksi itukah yang bikin sang BCL nampak cantik? Ah ga juga, kata temen kantor saya (dia seorang pria) BCL itu ga cantik hanya girlie..(hayahhh ada lagi ya subkriteria dari cantik,,) temen kantor saya lagi bilang, sebenernya BCL ga cantik liat aja hidungnya aja ga mancung hanya kalo liat dia ada daya pikat aja,,(daya pikat??? sama ga ama susuk yang suka dipakai "nyai..nyai.." jaman baheula, atau di era globalisasi ini masih ada konsumen susuk juga?,,,uuuppss ga tau belum pernah bikin sensusnya :-P. BCL sih kalo saya liat kesannya bersih aja, cantik sih ga liat aja bodynya kurus gitu..(mmm ada nada iri neh kedengerannya,,huehueheuehe..)

Yahhh begitu banyak penilaian orang tentang seseorang, dan ternyata mereka punya penilaian masing-masing. BCL yang udah "absolut" cantik aja (makanya ashraff mau,,,hehehe so tau ya gue..) masih ada yang berkomentar BCL biasa aja kok hanya,,,

Trus ada lagi berita tentang hukuman mati pelaku bom bali I, finally berlangsung juga hukuman mati itu, yang dengan sabar dinanti nanti sebagian warga dunia selama hampir enam tahun, Itupun tidak terlepas dari pro dan kontra dari masyarakat. Buktinya ada orang yang mengirimkan SMS ancaman bom ke kesatuan kepolisian. Gila segitu mereka merasa "satu paham" dengan sang pelaku bom bali I, sehingga berani mengajukan perlawanan atas berlangsungnya hukuman mati itu dengan cara melakukan ancaman via SMS. Mereka tidak setuju "pahlawan" mereka menerima perlakuan hukuman mati seperti itu. Bahkan tim Pengacaranya hendak maju ke KOMNAS HAM, minta agar hukuman mati terhadap clientnya ditinjau ulang...Hahhh niscaya KOMNAS HAM akan bingun tujuh keliling, mau membela yang mana, karena bukan tidak mungkin dan pastinya "korban-korban" bom bali itu sudah masuk duluan ke rumah KOMNAS HAM untuk minta keadilan akan peristiwa yang mereka alami.
Mereka menjadi cacat, tidak memiliki penghasilan, dan banyak anggota tubuhnya tidak selengkap ketika mereka lahir, mereka kita tidak memiliki kemulusan kulit lagi, ahh rasanya ngilu melihat fisik korban-korban bom itu, mereka masih harus berobat untuk mengurangi rasa sakit pada tubuh mereka, sementara mereka kita tak berpenghasilan, jadi bagaimana mereka membeli obat yang mereka perlukan untuk mengatasi rasa sakit yang mereka alami.

Ahhh bingung rasanya, siapakah sebenernya yang patut dibela dan dibenarkan?

Dalam sehari bisa terjadi rangkaian kehidupan yang berbeda satu sama lain, bahkan bisa bertolak belakang satu sama lain, ada yang menikmati keindahan "hidup baru" sementara di sisi dunia lain ada keluarga yang dirundung kemalangan karena kehilangan anggota keluarganya.

Begitulah hidup, bisa menarik bisa menyebalkan. Saya ingin sekali membuat hidup saya menarik. Walaupun saya masih harus menerima job kantor yang saya rasa ga adil buat saya. Tapi saya ingin melalui semuanya dengan indah, saya ingin membuat hidup saya sebebas mungkin, membuat kehidupan saya menjadi menyenangkan walaupun dengan berurai air mata (bisakah,,)

Saya mau buktikan hidup saya indah

Sunday, November 9, 2008

Jika orang normal bodoh itu keterlaluan

"pak, ini angkot ke sukajadi?",seorang wanita berseragam seperti SPG, menyetop angkot yang sedang saya naiki
"iya", kata sopir angkot

akhirnya seorang wanita yang berbobot lumayan gede, kira-kira 60 kg, masuk
saya yang duduk dengan pintu, menuntun perempuan tersebut, karena ternyata dia tuna netra.


foto diambil dari sini

Dia memegang tongkat yang bisa dilipat, layaknya penyandang tuna netra biasa pakai
Tak berapa lama seorang ibu dan anaknya menyetop angkot dan masuk,si ibu tersebut ngomong, jl solontongan...tiba-tiba si perempuan tunanetra itu menyaut, iya jalan solontongan...

Dan si ibu dan saya, dan satu orang ibu lainnya yang ada diangkot itu tertuju dan memperhatikan si perempuan tunanetra itu.

Si perempuan tunanetra itu mengeluarkan dompet dari celana nya, dan dimengeluarkan 3 uang ribuan dan 1 uang 5 ribuan, si perempuan tunanetra itu bertanya entah ke siapa "bu ini uang limaribuan..?", sambil mengangkat uang ribuan
" bukan itu ribuan",,kata aku dan ibu disebelahku
"kalo ini lima ribuan?" iya mengangkat uang limaribuan
"iya, itu lima ribuan...", jawab kami lagi
nah ini yang saya cari, terus dia menyelipkan uang limaribuan itu di bagian dompet yang lainnya, mungkin ini cara tunanetra untuk memisahkan uangnya supaya tidak ketukar. Cerdas juga,,,:)

Dan dia bergumam sendiri, entahlah.

Dari percakapan kami itu, dia bercerita kalo dia itu kuliah di salah satu kampus di VAN DEVENTER,kampus apa ya? (aku jg ga tau...:)) dia mengambil jurusan PAI (pendalaman agama islam..)dia bilang dulu jaman SMA nilai agama dia 3, dari pengakuan ini entah ada makna apa yang akan dia sampaikan...

Dan dia tinggal kost di bandung ini, orangtuanya tinggal di subang, dan dia juga bercerita kalo tempat dia kost itu tidak akan di kost kan lagi dan dia bersama teman2 sesama tunanetra 6 orang sedang mencari tempat kost baru. Pernah dia bersama teman2nya mendatangi tempat kost baru, tapi sayang tidak menerima untuk tunanetra.
"ya ga apa-apa, cari lagi aja,,,", dia berkomentar dengan nada semangat

Memang dari kampus tidak disediakan mess, dia bilang kalo dulu jaman sekolah (SMA)nya di wiyataguna, pasti sekarang dapat mess, dia bercerita.

Di kampus tidak kesulitan menangkap pelajaran?
Ya ga, paling nanti minta bantuan sama yang bisa liat,catetin PR nya ada dimana.

Saya bilang, "pasti ada yang membantu ya?,masih ada yang baik di kampus?"
Dia jawab, " iya pasti ada"

Bu, ada tukeran 500an ga? Si ibu merogoh sakunya, dan terdengar uang receh berbenturan, dia nyeletuk "ada tuh,,kedengeran trek trek trek,,", pendengaran yang tajam.

Pak nanti turun di yang ada angkot ledeng ya?
Loh bukannya mau ke sukajadi tadi. Ga jadi soalnya suka ngetem lama di alun-alun, nanti nyambung naik ledeng aja.

Dan ia bercerita lagi, kalo dia tidak menerima uang kiriman dari orangtua, dia berusaha sendiri, kadang main degung, apa saja yang penting halal.
Shock, perempuan tunanetra berani hidup merantau jauh dari keluarga tanpa ada jaminan kiriman uang dari orangtua. Satu keberanian yang patut diacungkan jempol. Saya saja memiliki penghasilan tetap per bulan, kadang masih ragu dan bertanya pada diri sendiri mampu tidak ya saya menjalani hidup jika jauh dari orangtua. Makanya ada temen yang nawarin job di jakarta aja, kadang saya berpikir ngeri ya kalo harus jauh dari keluarga.

Tiba waktunya si perempuan tunanetra turun dari angkot, dengan sigap dia bisa turun sendiri tanpa tersandung, hebat dia tidak jatuh, padahal dengan mata yang tertutup. Tuhan memang maha kuasa, dia memberikan "mata" pada kaki perempuan tunanetra itu.

Percakapan di angkot itu membuat saya takjub dan merefleksi diri, dan ibu disebelah saya bilang, "kalo orang normal bodoh itu mah sudah keterlaluan,,,"

Hai perempuan tunanetra, semoga kamu selalu dikelilingi ornag-orang yang masih memiliki rasa kasihan dan memberikan bantuan padamu.

Terima kasih untuk cerita-ceritamu yang kamu deskripsikan dengan penuh semangat.
Kamu aja optimis seperti itu, kenapa saya selalu mengasihani diri saya sendiri ya?

Wednesday, November 5, 2008

kehilangan itu menyakitkan

Seberapa penting kamu dalam hidup saya. Saya tidak pernah tahu, karena memang saya tidak 24 jam bersama dengan kamu. Lebih sering, saya mencuekkan kamu. Saya tidak tahu apa gunanya kamu untuk saya.

Pertama kali saya bertemu denganmu ketika saya ingin mengupdate tipe ponsel saya di BEC. Kamu ternyata ikut pulang bersama dus ponsel yang baru saya beli.

Sejak kamu ikut menginap di rumah saya, saya jarang menggubris kamu, saya jarang bercengkrama dengan kamu. Saya terganggu kalau kamu dekat-dekat saya. Saya menjadi terikat, gerak-gerik saya menjadi terbatas.

Saya tidak tahu, apakah kamu menjadi marah, dan pergi. Sekali ini, saya sempat kebingungan mencari kamu. Saya tahu, saya bisa hidup tanpa kamu, tapi saya ga mau kamu pergi. Saya mau kamu tetap bersama saya, disini. Karena kamu saya tukar dengan nominal yang tidak sedikit.

Kamu asli, tidak palsu. Kamu orisinal,tidak tiruan. Saya suka dengan segala sesuatu yang asli. Saya jaga kamu, tapi kamu menghilang juga. Untuk yang pertama.

Kamu tahu,saya pernah sangat menginginkan kamu, saya pernah sangat membutuhkanmu. Saya yakin kamu disitu, tapi saya hampiri ternyata kamu tidak ada disitu, kamu kemana?

Untuk pertama kalinya saya fokus mencari dirimu. Liburan itu saya ingin kamu menemani saya, saya ingin berjalan-jalan bersama kamu, tapi entah kamu marah atau dapat tuan lain, kamu ngumpet atau sekedar menyepi, saya tiak tahu...

Kamu memang aneh, kamu baru muncul ketika saya sudah pulang dari berlibur.
Kamu bodoh, diajak berlibur malah menolak dengan cara melarikan diri.

Tapi saya tetap ingin kamu ada disisi saya lagi.
Tanpa sengaja ketika saya membuka laci si "violet" eh ternyata kamu sedang sleepingbeauty disitu, oohh jadi kamu merasa "adem" deket si "violet",,,
Yaaa.yaaa..yaaa.. bolehlah kamu merasakan dekapan tuan lain.
Menurutmu, dekapan siapa yang lebih hangat saya atau si violet?
Kamu tidak menjawab, seperti biasa kamu membisu.

Sampai akhirnya saya menemukan jawabannya. Kamu memilih untuk benar-benar meninggalkan saya. Dan kamu tidak mungkin kembali. Kenapa?
Saya sudah menemukan fungsimu yang ternyata tidak mengikat gerak gerik saya, kamu bisa kok saya pakai dengan menu loudspeaker...
Jadi kamu tidak usah betengger di telinga saya selama saya ingin mendengar radio atau musik dari hp 6300 saya.

Ahhh,, my handsfree, kenapa kamu akhirnya memilih pergi?

foto diambil dari sini


Kamu pergi tanpa pamit. Kini, saya sedang dalam masa berkabung, entah sampai kapan. Karena kamu orisinil, karena kamu berharga (kalo orisinil pasti mahal..)
Yaaahh saya harus membudgetkan dana untuk menjemput "temanmu" yang lain, yang tentunya orisinil juga...

Semoga kamu tenang di tempat barumu. Begini rasanya kehilangan.
Cintailah apa yang ada disekitarmu.
Sekarang kamu merasa dia tak berguna, tapi kalo dia pergi, kamu baru tahu ternyata kamu memerlukannya.