Monday, April 6, 2009

Ilana Tan with her "winter in tokyo",,,

Beberapa waktu lalu. gramedia di bandung, ngadain diskon gede gedean semua buku, rata2 30%, lumayanlah. Pada saat itu saya beli 3 buku, satu buku rohani, dan 2 novel.

Salah satu novel yang saya beli waktu itu berjudul WINTER IN TOKYO by Ilana Tan, saya tidak terLalu tahu karya karya Ilana Tan ini, hanya ketika saya mengikuti workshop penulisan bareng Sittakarina dan Andrei aksana, di gedung gramedia jakarta. Sittakarina bilang, Ilana Tan adalah salah satu penulis remaja di gramedia dan karya karyanya selalu menampilkan hal hal romantis.

baru teringat, ttg kata kata sittakarina, itu setelah saya baca novel ini, dengan mengangguk saya mengiyakan apa pendapat Sitta tersebut. Namun romantis yang ditampilkan bukanlah romantis yang bikin muak, namun romantis tipe tipe film2 jepang.
uggghhh, saya suka sekali film2 dewasa muda jepang atau korea.
Jadinya ketika membaca novel ini sangat mudah bagi saya untuk mengimajikannya dalam otak sayah...hihihihi,,awas ah ntar mau romatis romantisan lagi

WINTER SONATA, sebuah novel dengan sajian 320 halaman.
Jalinan cerita yang dihadirkan lebih banyak ke kejadian sehari hari sang tokoh.
Tokoh utama dalam novel ini adalah seorang gadis, bernama ISHADA KEIKO, berusia 25 tahun, berambut panjang, dari kecil sangat hobi membaca, sehingga dia bercita cita bekerja di perpustakaan, karena selain tempatnya sunyi enak buat membaca, serta dapat membaca gratis. Keiko memiliki seorang saudara kembar Naomi namanya, seorang model. Keiko sang tokokh utama di novel ini, sangat percaya pada "love at the first sight", dan dia sedang mencari cari dimanakan cinta pertamanya itu kini berada.
Keiko seorang gadis yang hangat, mudah akrab, dan sangat dinamis.

Tokoh lainnya adalah NISHIMURA KAZUTO, seorang pria yang kira kira usianya 3 tahun leb ih tua dari keiko, masa kecilnya dihabiskan di Tokyo dan di saat dewasa dia hijrah ke NEW YORK bersama keluarganya. Nishimura, seorang fotografer terkenal di New york, yang sedang "menyepi" ke tokyo karena dia ingin melupakan "SESUATU HAL" yang terjadi di New York. Kazuto, seorang pria dari keluarga berada namun dia tidak mau memamerkan itu.

Tokoh lainnya adalah, KITANO AKIRA, seorang pria seumuran Kazuto, berprofesi sebagai dokter, dialah pria yang KEIKO kira sebagai cinta pertamanya

Novel ini mengambil setting di kota Tokyo, kota yang sangat sibuk sekali. Penulis mengambil beberapa tempat yang memang menjadi ikon kota Tokyo. Ada kota Harajuku, yang terkenal dengan life style anak anak muda yang sangat freedom dalam hal fashion. Lalu kota Shibuya, dimana di kota ini digambarkan penulis, banyak sekali pejalan kaki yang hilir mudik di kota ini, kebanyang seperti di film Tokyo love story,dimana padat sekali orang yang hendak menyebrang jalan, yang harus menunggu saat rambu2 lalu lintas berwarna hijau baru orang orang bolehmenyebrang. Dalam keadaan seperti itu, sepertinya kita akan kepayahan mencari sesorang, bahkan kalo saling berpapasanpun belum tentu kita akan sempat menyapa seseorang yang kita kenal itu, rasanya kok individualis ya,,hahaha itulah Tokyo.
Satu lagi, yaitu kuil YOYOGI GYOEN, kuil terkenal.

Cerita dari bab ke bab mengalir dengan lembut, saling terkait dan mudah dicerna.

Suatu hari, ketika Keiko pulang dari kerja, seorang teman di apartemen tua tmpt dia tinggal bilang, kalo kamar 202, kamar tepat berhadapan dengan kamar keiko,201, sudah ada penghuninya, tapi dari tadi sampai sore ini dia belum juga keluar kamar, takut kalo kalo ada apa2 di dalam. Keiko mencoba, menyendengkan telingannya ke daun pintu kamar 202, mencoba mencari tahu adakah suara/ atau kehidupan di dalam. Saat dia sedang mengumpulkan semua konsentrasinya supaya dapat menangkap suara sehalus apapun, tiba tiba pintu terbuka, seseorang dari dalam membuka pintu, dan badan Keikopun terjatuh dan tersungkur dikaki pria yang ternyata bernama NISHIMURA KAZUTO.

Dan di hari hari kemudian, hubungan mereka tambah akrab.

Pada malam Natal, Kazuto mengajak Keiko untuk menghabiskan malam natal bersama, karena mereka sama sama tidak memiliki acara, dan rasanya bete juga harus menghabiskan malam natal di rumah.


Malam itu, mereka makan di restoran paling romantis di Tokyo
"Kazuto san, restoran ini mahal, kamu yang traktir kan?", tanya Keiko sambil berbisik ke telinga Kazuto sambil di menutupi mulutnya dengan buku menu, biar gerakan bibirnya tidak terbaca oleh orang lain.
"tenang, keiko chan, aku punya kartu diskon disini?"
"kartu diskon disini berlaku untuk acara acara special", lanjut Kazuto
"ohh ya", Keiko terkesima
"kalo nanti Valentine days, kartu diskonnya berlaku tidak", lanjut keiko
"tentu saja" jawab Kazuto
"nanti, valentine, kazuto san harus ajak aku ke sini lagi ya, aku pengen lihat orang2 yang sedang merayakan valentine, pasti romantis", pinta Keiko manja

salah satu penggalan dialog yang sangat lucu dan innocent saya pikir saya

Masih banyak dialog2 lainnya, dimana mereka tidak saling jujur, jika mereka ingin mengetahui perasaan mereka satu sama lain, mereka hanya saling memancing.

Saling tukaran kado Natal, adalah hal yang paling mengesankan.

dan pesan Kazuto waktu lampu kamar Keiko mati, dan keiko meminta bantuan Kazuto untuk memasang lampu baru,namun tetap saja lampu tidak menyala, dan keiko tidak bisa tidur kalo gelap dia sangat takut
Kazuto berkata "kenapa harus takut gelap kalau ada banyak hal indah yang hanya bisa dilihat sewaktu gelap"

Keiko, bertubrukan dengan AKIRA, waktu Keiko berobat ke rumah sakit. Setelah seorang suster, memanggil dokter tersebut dengan nama AKIRA, Keiko tersentak dan bertanya tanya sepertinya inilah orang di masa kecilnya yang dia nyatakan sebagai cinta pertamanya. Dari sana, mereka menjadi akrab dan melakukan makan siang bersama, saling memberi kabar satu sama lain.

Di perjalanan pulang setelah mengantar KEIKO ke stasiun,KAZUTO dibuntuti sekelompok orang, dipaksa turun dari mobilnya, dan mereka menghabisi Kazuto sampai babak belur, bahkan sampai KAZUTO mengalami amnesia parsial.

Dia lupa tentang semua hal yang terjadi sebulan ini, terlebih dia lupa kepada semua janji janji Kazuto pada Keiko. Kazuto tak mengenal Keiko.
Termasuk, tgl 10 Januari, Kazuto meminta Keiko untuk menemaninya ke acara reuni SMP nya.
Pada tanggal 10 jan KEIKO malah pergi ke reuni SMP bersama dengan AKIRA. Apakah reuni yang sama yang dijanjikan oleh KAZUTO juga?

Mengapa bisa reuni bersamaan antara AKIRA DAN KAZUTO.

Disinilah, titik terang, pencarian love at the first sightnya KEIKO mulai terungkap

Masih banyak yang harus diungkapkan di posting an ini, untuk lebih menggambarkan keromatisan dalam novel ini, tapi kalo semua dipaparkan disini, bisa bisa ILANA TAN, memanggil saya, dan menuduh saya seseorang yang mengacaukan royaltinya hahhahaha

Sudahlah lebih baik cari bukunya di toko buku, cukup ringan, bisa menjadi teman disaat terjebak macet. bisa juga menginspirasi gaya pacaran kalian, biar agak seru dan ga bosen hihihihi,nyontek boleh kan????

11 comments:

@tar! No k4w@ said...

Waa! Saya Penggemarnya Ilana Tan lo! Sebagai informasi, selain Winter In TOkyo, Ilana Tan juga nulis Sumer in Seoul & Autumn in Paris. Selamat Membaca. >_<

FLoReNz said...

ga mau sampe selese aaahh bacanya,.. mending beli aja kayak nya resensi nya seru geto.
Btw anyway busway.. sitta karina, temen kul gua loh bu di trisakti,
tau deh dia masih kenal gua kaga.. =)

Curly_t@uRus said...

@ @tar : iyah,,ini lagi rencana mau borong bukunya Ilana Tan,,,
hai senang bisa kenal dengan sesama penggemar ilana
kalo ada info2 buku Ilana kasih kabar yaaa...
nice to know u

@florenz : ooo yaaaa,,,
hihihihi what a small world,,
ayo atuh ikuti jejaknya,,hehehhe

Enno said...

udah baca autumn in paris? gue punya :)

Curly_t@uRus said...

@ enno : ini baru beli no,,,
mau marathon ngebacanya ah,,,ga sabar berada di suhu keromantisan ala ilana tan,,hehehe
postingan enno juga ga kalah romantis ya, kadang ada yang bikin merinding juga hihihihihi (merinding?? romantis atau ketakutan ya,,hahahha..)

lisda pradita said...

waahhh...
ketemu lagi ama penggemarnya ilana tan..>_<
aq jga suka bnget ama karya2x dya..XDD
awalnya tertarik cz novel2x dya jdulx pke 4 musim..ama kae nem groupq..mkanya lngsung beli...
g twx ceritanya emg keren bnget..XDD

skg lagi nunggu yg spring..XDD
klo ada yg dapet kbar ttg spring kasih tw yupp..^^
hehhe..

makasii..>_<

tri said...

ihihihii.. semalem baru beli yg "summer in seoul" n langsung abis dibaca *saking penasaran, ini buku dibaca sampe jam 3 malem!! :p

seru.. :D kaya nonton drama korea, romantis2 gemanaa geto.. =)

seneng deh.. jadi pengen baca sampe "autumn" n "winter". trus jadi penasaran.. nanti Ilana Tan bikin versi "spring" ny ga yaa.. :D

Geminez Girlz said...

Ugh....... Novelx bagus2 bgt!!!!!!!!!!!!!
gak bakal bosen2 walau di baca ribuan kale !!! kwkwkwkwkwkwk ^_^


huh.........
ada lagi gak yang baru!!!!

Geminez Girlz said...

Ugh....... Novelx bagus2 bgt!!!!!!!!!!!!!
gak bakal bosen2 walau di baca ribuan kale !!! kwkwkwkwkwkwk ^_^

dhiza said...

denger2 katanya yg spring bakalan bersetting di new york..
tp ga tau jg..
masih simpang-siur sih..
yg pasti, klo menurut gw ceritanya tentang Naomi, kembarannya Keiko..

oh y, ada yang tau novel 'Eiffel, tolong!' gak?
novelnya seru!!
bikin jantung dag-dig-dug..
kayak nonton film mafia-mafia gitu..
pokoknya klo blm bca rugi deh..

walaupun msk kategori teenlit, tp itu bkn cerita teentlit..

krn tokoh utamanya aja yg masih remaja..

critanya tuh tentang mata-mata, konspirasi, di selingi dengan kisah percintaan yang tragis..

klo blm baca, buruan bli bukunya!

g bakalan rugi deh!
di gramedia ada kok!

stefanibrenda said...

wahh... akhirnya ktemu juga dengan orang yg mencintai karya ilana tan..

jadi mau baca juga... baru baca yang summer in seoul n autumn in paris nih...