Monday, April 27, 2009

myum uteri,,,kenapa kau bersarang di tubuh kakakku?

Kakak ku hari ini masuk ruangan operasi
di perutnya, untung aja ga nempel di rahim. bernaung seonggok daging yang kurang lebih berukuran 10 cm. Bahasa kedokteran mengatakan itu adalah myum uteri.
Kehadirannya tanpa disadari, tiba tiba udah sebesar itu.

Mengerikan

Myum uteri menurut dokter yang menangani kakak saya dalam operasi itu terjadi karena adanya hormon estrogen yang berlebihan. kata dolter itu lagi, dari 3 wanita 1 orang pasti kena myum uteri, dan hal ini terjadi pada wanita diatas 30 thn ke atas.
rasa penasaran, membuat saya search di google ttg "seonggok daging" itu,,ahaaa dapat...hasil seacrh ttg myum uteri itu dari blog ini

"Mioma uteri adalah tumor jinak pada daerah rahim atau lebih tepatnya otot rahim dan jaringan ikat disekitarnya. Pada beberapa kepustakaan disebutkan, mioma uteri juga sering disebut dengan Leiomioma, Fibromioma atau Fibroid, hal ini mungkin karena memang otot uterus atau rahimlah yang memegang peranan dalam terbentuknya tumor ini"

"Penyebab pasti dari mioma sampai detik ini belum diketahui dengan pasti, tetapi diduga ada peranan hormon estrogen yang berperanan disamping faktor keturunan. Beberapa ahli dalam penelitiannya menemukan bahwa pada otot rahim yang berubah menjadi mioma ditemukan reseptor estrogen yang lebih banyak daripada otot rahim normal"


wanita memasuki usia 30 thn mulai harus bisa menyayangi dirinya sendiri, lebih mencintai diri sendiri, lebih memperhatikan diri sendiri, love myself, selfish????
wanita usia 30 thn keatas, rentan dihinggapi penyakit tersebut, olahraga mungkin salah satu jalan untuk dapat memacu metabolisme tubuh.

karena seperti yang terjadi pada kakak saya, seandainya dia lebih bisa merasakan ada perubahan dalam dirinya, tidak mungkin, "dia" bisa bertengger sampai menjadi 10 cm. Untungnya belum terlambat, puji Tuhan operasi berjalan dengan lancar.

kakak saya tambah sedih memasuki ruang operasi, kami keluarga memberi support, ketika kasur tempat kakak saya berbaring dengan pasrah di dorong oleh 2 orang perawat menuju ruangan operasi, kami sekeluarga ikut di belakangnya, masing masing dari kami memanjatkan doa di dalam hati, berharap operasi berjalan lancar.

kini, kakak saya sedang dalam pemulihan

get well soon ya my sis'

1 comment:

ceritaeka said...

Hope ur sista get well soon !
Praise the Lord she can pass the surgery table.

Btw cara nulisnya memang begitu ya "myum uteri" ?
Saya taunya miom (mungkin karena denge2 pas ngobrol ya)