Pajak,,bikin lieur? **lieur is pusing, mumet, ribet lah,,*


Bulan Maret, semua orang di kantor udah pada heboh soal SPT, soal lapor pajak tahunan
Hebat ya dirjen pajak, bikin progress yang membentuk kurva, menanjaaakkkkkkkkk,,,,,belum ketauan turunnya kapan, dalam hal menggiring para wajib pajak melaporkan SPT nya.


Lucu deh, di kantor, udah di kasih pengarahan ama Manager keuangan, udah manggil konsultan untuk melakukan penerangan lebih detail, teteeeeppp aja bego,,
tetep aja nanya, "kalo yang kolom ini, cara isinya gimana?", trus "kalo yang pertanyaan no ini, diambilnya dari lembar 1721 A1 yang mana?"...


uuughhhh sang manager sampai kepayahan menjawab, bukan karena keder ga bisa jawab, hanya mau teriak aja lahh kok pada gak ngertii ya, yang ditanya itu itu lagi,,,

kami semua diruangan di bilang bego juga ga ngamuk, malah ngakak bersama, karena emang sebenernya mudah tapi sulit.

Ampe berapa kali memfotocopy lembaran SPT, karena salah isi mulu
kalo ketahuan manager keuangan, bisa bisa kami di tarik bayaran untuk penggunaan HVS dan mesin fotocopy yang too much, karena salah ngisi SPT mulu.
uuupppss untung aja, kita memfotocopy ketika sang manager bertengger manis di ruangannya yang enak tenan.

Ini memang pengalaman pertama saya , melaporkan SPT pribadi, sebelumnya kan kantor yang ngurus, dan saya gak punya NPWP.
Kantor memwajibkan karyawannya untuk membuat NPWP, dengan bangga kami isi formnya. Dan semakin bersukacita ketika kartu NPWP itu datang, lumayan buat di jejerkan manis di dompet bersama kartu kartu warna warni terbitan beberapa bank yang masih ber jaya di negeri ini.

Tanggal tanggal di bulan maret terus berjalan, dan tgl 31 maret sudah dekat. Mau ga mau saya harus melaporkan SPT pribadi saya, kalo tidak katanya di denda 100rb loh,,,lumayan kan buat beli pulsa heheheh

Sampai ada orang HRD bilang, "may.. ntar kalo cari suami tanyain dulu dia ngisi form SPT nya yang 1770SS atau yang 1770S?"
hehehehehe,,ide bagus juga tuh
kalo yang form 1770SS kan itu untuk orang yang pendapatannya di bawah 60 juta/tahun dan dari satu pemberi kerja, sedangkan yang form 1770S diisi oleh orang yang pendapatannya diatas 60 juta/tahun dan atau berasalah dari satu atau lebih pemberi kerja,,(hihihiihhi,,pengetahuan gue ttg pajak lumayanlah,, walaupun dasar bgt)

lucunya lagi, issue pajak ini, bisa bisanya di jadiin status di facebook banyak orang, rata rata mereka mengatakan lieur alias bingung ngisi form pajak, dan pada ga bersemangat dan antusias soal pelaporan pajak ini, karena emang bikin ribet siy,, harta ga seberapa juga harus dilaporin, kami gak korup kok pak,,,karena emang ga ada yang bisa di korupsiin heheheh
kami karyawan swasta yang kerja keras dulu baru bisa dapat duit...
gak bisa kami hanya duduk duduk, ngerokok, ngobrol, baca koran dan nunggu jam istirahat...
harta kami dari kerja keras kami,,,,,

Tadi saya lapor SPT, ternyata banyak juga orang yang melakukan pelaporan di kantor pajak, sampai sampai parkiran mobil gak muatttt
nahhh mereka mereka itu emang layak lapor, mobilnya aja mulus, keluaran baru,,,suaranya aja nyaris tak terdengar,nah mereka itu patut lapor,,hahahahha
saya yang hanya jalan kaki, kemana mana naik angkot, paling banter naik mobil keluaran 80 an kenapa harus lapor juga siy,,,?
ribet pak,,,

udah ah jangan ngeluh mulu, yang penting saya sudah melakukan bagian saya sebagai warga negara, tapi inget ya pak, jangan permainkan kami kaum kecil, jangan coba coba menakut nakuti kami ya, dan jangan coba coba memeras kami, karena ketidaktauan kami,,


Dan tolong, uang pajak yang kami laporkan, digunakan untuk rakyat juga dong, jangan jalanan aja pad berlubang, mobil tua saya kasian pak, kalo harus menyusuri jalanan yang lobangnya menganga, mau ke kanan bolong mau ke kiri bolong juga, mobil saya bisa menjerit pak dan protes akhirnya mogok,,,uang saya melayang lagi ntar pak buat ke bengkel.
Plis pak, kasihani kamiii,,setidaknya kendaraan kami bisa melaju di jalanan mulus :))

ahhh lega juga satu tugas sebagai warga negara udah dilalui.

ORANG BIJAK TAAT PAJAK
UANG PAJAK JANGAN DIBAJAK, PAKAI BUAT KEMAJUAN RAKYAT

Comments

Dian Manginta said…
Hello,

Aku juga lega baru menunaikan tugas negara. Aku buat artikelnya, Rame-rame Melapor Pajak, di sini.

Thanks,
D-
Anonymous said…
hehe...
udah lapor juga.
sayangnya masih banyak perusahaan yang malah ga nerbitin 1721 A1 nya untuk pegawai. jadi pegawai yang udah antusias mau memenuhi kewajibannya jadi ga bisa lapor
Curly_t@uRus said…
@dian : lega ya bu,dah lapor pajak
senangnya..salam kenal yaaa :)))

@irrr perusahaan mana tuh yang ga nerbitin 1721a1,,pasti perusahaannya ga bonafide tuh,,,hehehhe
salam kenal ya irrr,,,